Sejarah Chevrolet Trooper

Posted by arismel hidayat On Selasa, 31 Desember 2013 0 komentar
Halo blogger’s.. Selamat datang di blog ottodasbor. Ini adalah tulisan saya yang pertama untuk blog ini. Motifasi saya membuat blog ini adalah untuk mengenal berbagai jenis kendaraan yang pernah diekspor ke indonesia dan dunia. Artikel kali ini saya mulai dengan memperkenalkan mobil SUV Jepang yang pertama kali masuk Indonesia yaitu Chevrolet Trooper. Kenapa Tooper? Hmm...krna saat ini saya dalam misi mendapatkan Trooper pertama saya. Mohon do’anya ya^_^ 

Oke, saya tidak memperpanjang mukadimah lagi, ntar bisa berlumut baca curhat saya..hehe 

Chevrolet Trooper adalah mobil kelas SUV Pertama Jepang yang diekspor keseluruh dunia diproduksi antara tahun 1981 sampai dengan 2003. Mobil yang di Australia di sebut Holden Jackaroo, di Inggris disebut Vauxhall dan di German disebut Opel Monterey ini cukup luar biasa untuk segment di kelas mid size Sport Utility Vehicle. Mengapa demikian? Karena SUV tangguh ini cikal bakal mobil cc besar jepang sehingga risetnya melibatkan beberapa merk lain seperti Honda. 

Produk Isuzu ini punya dua generasi, generasi pertamanya antara tahun 1981-1991 dan generasi kedua antara tahun 1991-2002, setelah itu Isuzu tidak memproduksi merk trooper lagi karena produksinya dialihkan pada produksi SUV yang lebih kecil yaitu Axiom dan SUV yang lebih besar yang diproduksi General Motor yaitu Isuzu Ascender dan dinamai dengan GMC Envoy. 

Generasi Pertama Chevrolet Trooper

Generasi pertama Chevrolet Trooper adalah mesin disel 2.0 L -2.2 L dengan 2 atau 4 pintu dengan axle belakang yang solid dan suspensi sudah mengaplikasi suspensi independent. Namun mesin disel ini kurang bertenaga dibandingkan bobot kosong mobil yang tergolong berat sekitar 1.7 ton sehingga perlu cara kusus untuk mengendarainya agar asap tidak ngepul dan tenaganya tidak drop. Mobil solar ini sudah menggunakan penggerak 4 roda dan 2 roda bergantian. 

Pada tahun 1986 Chevrolet Troper keluar dengan varian baru yang lebih bertenaga dengan kekuatan 112 HP dengan kapasitas 2.3 L bensin. Tidak lama berselang, pada tahun 1987 Chevrolet Trooper menawarkan sistem injeksi dan yang pertama pada produksi Jepang. Pada tahun 1989 Isuzu dengan short wheelbase (90″) dimasukkan ke Amerika Serikat. Semua Trooper dengan short wheelbase menggunakan mesin 2.6 Liter Fuel Injected dengan 4 silinder dengan transmisi versi otomatis dan manual dan Trooper tidak dipasarkan di Indonesia. 

Generasi Kedua Chevrolet Trooper

Generasi kedua Chevrolet Trooper muncul pada tahun 1991, Seiring berjalan waktu generasi kedua ini memiliki dimensi yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Dari 1.7 ton menjadi 2.25 ton sehingga lebih bertenaga dan lebih kekar dengan pilihan transmisi manual dan automatic. Mesin yang diusung mesin 3.2 Liter Single Overhead Cam (SOHC) dengan tenaga 172 HP dan mesin 3.2 Liter Dual Overhead Cam (DOHC) dengan tenaga 190 HP. 

Mesin SOHC 3.2 Liter baru diperkenalkan pada tahun 1996 tapi masih menggunakan part time 4 WD drive system, yang mengharuskan pengedara untuk berhenti terlebih dahulu sebelum atau setelah mengaktifkan axle pada roda depan. 

Pada era 1994 - 1999, Isuzu dan Honda mempunyai perjanjian joint venture dan bekerja sama saling mengisi area produksi. Honda juga menjual Trooper di Jepang dengan nama Honda Horizon dan di Amerika Serikat dari 1996 - 1999 dijual dengan nama Accura SLX. Ada isu bahwa pabrikan Honda membantu pengembangan generasi kedua Trooper ini. 


Pada tahun 1998, Trooper di Amerika Serikat telah dilengkapi dengan mesin DOHC 3.5 Liter yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 215 HP. Sementara di Eropa dan para pembeli di Asia dapat memilih mesin 4.0 Liter diesel dan juga opsi mesin diesel terakhir termasuk mesin 4JG2, 3.1 Liter diesel (nantinya akan diganti dengan mesin yang lebih problematik 4JX1 3.0 Liter). Karena saat ini perkenalan dari Borg-Warner Torque on Demand system mampu menyediakan “setting All Wheel Drive”. 

Penyegaran penampilan juga dilakukan, grill depan didisain ulang untuk model tahun 2000. Pada tahun 2003 Trooper tidak lagi dilanjutkan produksinya dimana hangar perakitannya dipakai untuk memproduksi SUV yang lebih kecil yaitu Axiom dan SUV yang lebih besar yang diproduksi General Motor yaitu Isuzu Ascender dan dinamai dengan GMC Envoy. 


Mudah-mudahan generasi terbaru Chevrolet Trooper diproduksi lagi agar para pecinta mobil “truck” ini terpuaskan kembali. Sekian dulu info tentang sejarah Chevrolet Trooper yang singkat ini. Info lainya seputar Trooper akan dirilis pada artikel selanjutnya. Kunjungi juga info lainnya seputar engine dan kerabatnya di blog ini. Terimakasih.

0 komentar: