Engine Hood Damper Untuk Avanza Xenia

Posted by Unknown On Rabu, 10 Oktober 2012 0 komentar
Pemilik All New Toyota Avanza (ANA) maupun All New Daihatsu Xenia (ANEX), kini dapat membuka kap mesin mobilnya tanpa perlu lagi mengangkat terlebih dulu pakai tenaga. Cukup mengandalkan engine hood damper yang khusus didesain buat menyangga penutup mesin kedua varian kembar tersebut.

Satu set komponen seharga Rp 650 ribu ini terdiri dari sokbreker, adaptor bagian atas dan bawah, klip berikut pelat ring (Gbr.1). "Harga sudah berikut ongkos pemasangannya," promosi Wira Sentosa dari SACS di Jl. Raya Pondok Gede No.24, Bekasi.

Untuk memasang alat tambahan berlabel Nipponracing ini sebenarnya tak terlalu sulit, lantaran semua peranti pendukungnya sudah tersedia dalam paket. Anda cukup sediakan kunci pas ukuran 10 mm. 


Oke langsung praktek ya! Pertama buka satu buah baut pada kap mesin sebelah kanan atau kiri. Untuk varian ANA maupun ANEX, cukup memasangnya di salah satu sisinya saja, lantaran pelatnya tak terlalu tebal. Kemudian lepas pula baut pada sudut fender dekat head lamp, sesuai dengan posisi yang akan dipasangi engine hood damper menggunakan kunci pas 10 mm

Lanjutkan memasang adaptornya di bagian baut sebelah bawah pada tangkai engsel kap mesin menggunakan kunci ukuran yang sama (Gbr.2). Hati-hati ketika memasang adaptor di engsel kap mesin, karena jika salah memasang di bagian baut sebelah atas, maka posisi kap mesin saat membuka kurang maksimal. 


Setelah itu, pasang baut adaptor hood damper di bagian fender yang sudah berlubang tadi. Gunakan kunci 10 mm sesuai posisi yang akan dipasangi komponen ini (Gbr.3).

Fungsinya, sebagai pegangan sokbreker bagian bawah, sebagai pengganti dudukan tangkai penyangga kap mesin standar yang posisinya terlalu dekat dengan engsel kap mesin.

Langkah terakhir memasangkan sokbreker yang sudah tersedia sebagai penyangga utama kap mesin. Caranya dengan terlebih dulu menekan klip di kedua ujung adaptor bagian atas dan bawahnya sebagai pengaman. Pastikan kembali engine hood damper sudah kuat menyangga (Gbr.4).

Buka kap mesin pun enggak perlu tenaga besar. (mobil.otomotifnet.com)

0 komentar: