Mengatasi Mesin Overheat Dijalan

Posted by arismel hidayat On Rabu, 10 Oktober 2012 0 komentar
Proses mudik kerap menyajikan kondisi macet baik skala ringan maupun berat. Situasi dan kondisi tersebut, merupakan mimpi buruk bagi mobil yang kondisinya kurang fit. Masalah yang sering terjadi, suhu mesin terlalu tinggi (overheat). Jika terjadi, sudah pasti perjalanan jadi tidak lancar dan nyaman. Kondisi makin memusingkan karena belum banyak bengkel yang beroperasi. 


Untuk itu, kami persembahkan tips dari Teddy Jusman dari SS Performance Shop sebagai antisipasi.

Tips berikut hanya berlaku bila terjadi kebocoran pada radiator atau sirkulasi air mampat dan motor kipas dalam kondisi lemah atau tidak bekerja sama sekali.

"Segera menepi dan dinginkan mesin ketika jarum temperatur berada pada posisi tiga perempat atau indikator suhu berkedip-kedip. Jangan paksakan mesin terus hidup karena akibatnya makin parah," beber Teddy.

Ditambahkan, jangan langsung membuka tutup radiator pada mesin karena bisa menimbulkan semburan air dan uap panas. Selalu gunakan lap basah untuk membukanya.

Bocor Halus

Jangan langsung mengisi air radiator dan biarkan lokasi bocor tersebut mengering. Lantas bersihkan dengan lap kering. Setelah itu gunakan lem besi untuk menambal lubang. Kalau sulit mendapatkan lem, bisa memakai sabun batangan. Caranya, gosok tempat yang bocor hingga tertutup sabun. Cara tersebut bisa meminimalisasi kebocoran.

Mampet

Jika tidak ada kebocoran, kemungkinan sirkulasi ari pendingini macet karena katup termostat ditutup oleh kotoran. Untuk mengatasinya, seluruh cairan pendingin dikurang. Untuk mobil yang tidak terlalu canggih, cukup dengan mencopot penutup lubang di bagian bawah radiator. Pengisian dilakukan dari lubang atas dan dilakukan sampai air tidak lagi berwarna coklat.

Kipas

Penyebabnya, motor kipas lemah bahkan mati. Untuk kondisi darurat, kelistrikan kipas bisa dihubungkan langsung ke baterai atau aki. Pada umumnya motor kipas punya 2 kabel dengan warna hitam dan biru atau hitam dan putih garis hitam. Potong kabel biru atau hitam dengan garis putih lalu sambung dengan kabel lain dan dihubungkan langsung ke terminal positif aki.

Ketiga langkah tersebut adalah penanggulangan sementara untuk mencapai bengkel terdekat. Untuk mengatasi Kebocoran slang, kerusakan pompa dan thermostat tidak berfungsi, sebaiknya diserahkan kepada mekanik yang sudah terlatih dan bisa dipercaya!KompasOtomotif

0 komentar: