AC Tidak Dingin Saat Macet

Posted by Unknown On Minggu, 12 Agustus 2012 0 komentar
Penggunaan AC pada kendaraan sangat penting mengingat kondisi cuaca negeri kita ini cukup panas saat musim kemarau tiba. Apalagi bagi yang tinggal dikota-kota besar terutama jakarta. tidak hanya panas, macet juga memicu wajibnya kendaraan memiliki fasilitas AC untuk menghindari rasa panas tersebut. tapi bagaimana jika AC pad kendaraan anda mengalami masalah seperti tidak dingin lagi saat mobil berhenti meski mesin masih nyala. Permasalahan seperti ini sering timbul pada kendaraan yang cukup berumur. Tapi bukan berarti kendaraan baru tidak pernah mengalami masalah seperti ini. Bagaimana mengatasinya?  


Jika terjadi masalah AC tidak dingin atau tidak terasa angin dingin dari blower besar kemungkinan cairan refrigerant kurang atau malah habis. Jika permasalahan ini hanya terjadi pada saat macet, coba periksa kipas AC besar kemungkinan kipas AC tidak bekerja secara normal atau bahkan mati. Jadi penyebab masih terasa panas adalah refrigerant yang seharusnya didinginkan ternyata sudah kembali masuk ke kompresor. Jika masih terasa panas saat mobil sudah jalan berarti permasalahannya mungkin terjadi kebocoran pad slang AC. 

Untuk itu carilah Teknisi AC yang berpengalaman dan pastikan tidak ada kebocoran pada slang AC Rawatlah AC berkala tiap kelipatan 40ribu Km. Jika sering melewati kawasan berdebu dan kotor sebaiknya lebih cepat dari yang disarankan diatas. Kotoran bisa saja menyumbat blower sehingga bisa menghambat kinerja kompresor.

0 komentar: